Peningkatan Kapasitas Masyarakat dalam Pengolahan Limbah Ternak menjadi Biogas

Dalam rangka Peningkatan Kapasitas Masyarakat dalam Pengolahan Limbah Ternak menjadi Biogas Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bojonegoro mengadakan sosialisasi di Desa Sengon Kecamatan Ngambon pada hari Jum’at, 6 Juli 2018. Acara ini dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Dra. Nurul Azizah,MM beserta beberapa stafnya, Camat Ngambon Bapak Drs. Muridan, MM, Kapolsek Ngambon Bapak AKP Supriyono, dan Danramil diwakili oleh Babinsa Desa Sengon Bapak Rusmanto. Peserta berjumlah 30 orang terdiri dari unsur Perangkat Desa, Kader Lingkungan dan calon penerima bantuan peralatan Ipal Biogas.

Pada kesempatan ini Bapak Camat Ngambon Drs. Muridan ,MM mengharapkan Program yang diterima untuk dikembangkan agar dapat menambah nilai ekonomi penerima bantuan dan menjadi contoh masyarakat sekitar untuk ikut memanfaatkan limbah ternak menjadi biogas dengan membangun instalasi sendiri tanpa bantuan Pemerintah. ” Semua peserta nanti harus bersungguh-sungguh mengikuti pelatihan ini dan untuk calon penerima manfaat harus aktif, bila ada kendala segera berkoordinasi dengan Pemerintah Desa dan Kecamatan atau langsung ke Dinas Lingkungan Hidup juga bisa” kata Bapak Camat sebelum menutup sambutannya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Dra. Nurul Azizah,MM. menjelaskan bahwa akhir-akhir ini di Bojonegoro udara terasa lebih panas dibanding beberapa tahun lalu. Hal ini disebabkan karena adanya kegiatan eksplorasi minyak, hutan yang semakin gundul,semakin banyak kendaraan bermotor,AC,kulkas,membuang sampah di sembarang tempat dan masih banyak lagi penyebab lainnya. Untuk sampah yang menghasilkan gas metan sehingga udara menjadi panas dapat dimanfaatkan menjadi biogas. Oleh karena itu Dinas Lingkungan Hidup Tahun 2018 ini memberikan Bantuan Keuangan untuk Pembagunan IPAL Biogas kepada Pemerintah Desa. ” Ada 16 titik yang tersebar di 8 Kecamatan, paling banyak 3 titik dan paling sedikit 1 titik di tiap kecamatan” imbuhnya.

Selanjutnya acara inti di sampaikan oleh Ibu Dra. Murtiasih Fatima,SH,M.Si yang memberikan materi tentang Tata Kelola Pemanfaatan Limbah Ternak Sapi. Semua peserta dengan sungguh-sungguh mengikuti pelatihan ini dan sangat antusias saat sesi tanya jawab dengan beberapa narasumber dari Dinas Lingkungan Hidup. (*Baydu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *